May 4, 2018

Tahun 2018 WhatsAPP Kalahkan BBM

Sebuah perusahaan analitik digital, SimilarWeb melakukan analisis data Android untuk mengetahui aplikasi pesan instan yang paling populer dari setiap negara di dunia.



Dari data tersebut, terlihat bahwa WhatsApp menduduki peringkat pertama. Dari 187 negara di dunia, 109 negara di antaranya memfavoritkan aplikasi perpesanan milik Facebook tersebut. Ini artinya, bisa dibilang pangsa pasar WhatsApp di seluruh dunia sudah mencapai 55,6 persen.

Beberapa negara yang paling banyak menggunakan WhatsApp di antaranya adalah Brasil, Meksiko, India, Rusia, dan beberapa negara lain di wilayah Amerika Selatan, Eropa Afrika, Asia, dan wilayah Oseania (sejumlah kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik dan sekitarnya).


Peringkat kedua ditempati oleh aplikasi Facebook Messenger dengan total 49 negara yang paling banyak menggunakannya, termasuk Australia, Kanada, dan Amerika Serikat (AS).


Sisanya, ditempati oleh Viber, Line, WeChat dan Telegram. Viber sendiri menjadi aplikasi paling favorit di sekitar 10 negara di wilayah bagian Timur Eropa, seperti Belarus, Moldova, dan Ukraina.

Di Ukraina, Viber sudah terpasang pada 65 persen dari seluruh perangkat Android yang ada dan digunakan paling tidak 16 menit setiap harinya.

Tak hanya itu, Viber juga cukup populer di sejumlah wilayah Asia, seperti Irak, Libya, dan Sri Lanka.

SimilarWeb juga mencatat bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara yang paling banyak menggunakan BBM sebagai aplikasi perpesanannya.

Hingga April 2016, setidaknya BBM berhasil terinstall pada 87,5 persen dari seluruh perangkat Android yang ada di Indonesia.

Padahal, aplikasi perpesanan buatan BlackBerry tersebut sudah mulai ditinggalkan oleh berbagai negara lainnya.

Masih berdasarkan data SimilarWeb, di AS, Australia, dan Inggris, BBM hanya digunakan oleh kurang dari 1 persen dari seluruh perangkat yang ada di negara masing-masing.


references by cnnindonesia

 
Like us on Facebook