May 5, 2018

Tahun 2019, AMD Yakin Kalahkan Intel

Baca Artikel Lainnya

Intel baru saja menginformasikan kepada para investor bahwa prosesor 10nm “Cannon lake” baru akan hadir tahun 2019, tetapi pada tahun tersebut, kemungkinan ada pesaing yang memiliki teknologi yang selangkah lebih jauh. Dilansir dari Engadget (30/4), AMD berkata kepada para investor bahwa prosesor Zen 2 akan menggunakan arsitektur 7nm sedang dalam persiapan untuk meluncur pada tahun 2019.


AMD juga menguji kartu grafis Radeon Instinct yang menggunakan teknologi berbasis Vega 7nm dan diklaim memiliki kemampuan untuk menyokong teknologi machine learning. CEO AMD, Dr Lisa Su mengatakan bahwa GPU tersebut akan diproduksi oleh TSMC, tetapi kemungkinan mereka juga masih akan menggandeng Global Foundries untuk produksi produk lainnya.

AMD baru-baru ini meluncurkan chip Zen generasi kedua yang menggunakan teknologi 12nm. Secara teknis, prosesor tersebut lebih baik dari chip Zen generasi pertama yang masih menggunakan arsitektur 14nm. Sementara itu Zen 2 akan menggunakan arsitektur 7nm sehingga performanya dipastikan akan lebih kencang. Dilaporkan bahwa TSMC memimpin perakitan teknologi tersebut, yang menggunakan teknologi litografi ultraviolet mutakhir. Memang agak sedikit mengejutkan bahwa AMD akan menggunakan jasa TSMC untuk teknologi grafis ketimbang GlobalFoundries.

Jika AMD mampu mencapai target, berarti mereka akan mendahului Intel yang hanya akan memperkenalkan teknologi 10 nanometer pada tahun 2019. Meski demikian, Intel masih bersikukuh mengatakan teknologi prosesor 10nm-nya lebih unggul dari pabrikan lain. Namun banyak pengamat mengatakan prosesor 10nm Intel masih akan kalah oleh prosesor 7nm yang akan dibuat oleh AMD nantinya.


references by tekid

 
Like us on Facebook