May 18, 2018

Resep Kolak Ubi Ungu

Baca Artikel Lainnya

Kolak adalah makanan untuk berbuka puasa yang sangat umum ditemukan di Indonesia. Isiannya pun bermacam-macam dari pisang, ubi, singkong hingga kolang kaling. 



Umbi yang satu ini sudah sangat banyak dikenal di Indonesia, dan di beberapa daerah dipandang remeh karena sangat mudah tumbuh subur dan dianggap tidak terlalu memberi manfaat, ternyata, mereka yang memandang ubi jalar dengan remeh ini salah besar! Ubi jalar ini ternyata adalah sumber vitamin A, Vitamin B6 plus Vitamin C

Vitamin A dalam ubi jalar ditemukan dalam bentuk betakaroten, bersama-sama dengan vitamin C, yang sama-sama merupakan antioksidan kuat, vitamin A dan C dalam ubi jalar akan memerangi senyawa perusak sel sehingga membuat tubuh tetap segar dan akan selalu awet muda. Kandungan seratnya yang tinggi akan membantu pencernaan, dan di saat yang sama akan membantu melawan tekanan darah tinggi.



Tapi, jika biasanya kolak ubi memakai ubi yang berwarna kuning, maka Tastemade membuat kolak dengan ubi ungu. Kolak jenis ini tentu memberikan nuansa lain saat berbuka puasa. Berikut bahan dan cara membuatnya. 

Bahan: 
200 gr ubi ungu, bersihkan kulitnya
100 gr gula merah
300 ml santan kental
1 lembar daun pandan
½ sdt garam
700 ml air

Cara Membuat: 
1. Potong-potong ubi, kemudian rebus hingga setengah matang. Sisihkan.

2. Campur santan dengan air lalu panaskan santan hingga agak mendidih.

3. Masukan gula merah, daun pandan dan ubi ungu lalu beri garam. Masak hingga ubi ungu empuk.

4. Sajikan


Bisa juga tambahkan Es batu untuk dinikmati usai pulang dari shalat Tarawih




references by sindonews

 
Like us on Facebook