MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

June 19, 2018

Deen Assalam Sabyan Jadi Favorit Di YouTube

Baca Artikel Lainnya

Lagu Deen Assalam (Agama Perdamaian/Islam) beberapa hari/bulan belakangan menjadi viral karena suara merdu sang Vokalis Nissa Sabyan. Namun tidak hanya karena suara emas Nissa Sabyan yang membuat lagu ini kembali melejit, tapi juga karena ada pesan kuat yang terkandung dalam liriknya.

Din atau dien, دين (Bahasa Arab), דין (Bahasa Ibrani) adalah sebuah kata dalam yang umumnya terkait dengan Islam, tetapi juga digunakan dalam Yudaisme dan Kekristenan Arab. Istilah ini sering diterjemahkan sebagai "agama"

Dalam Alkitab Ibrani Kata Din muncul dalam sebanyak 79 ayat dalam Al-Qur'an, tetapi karena tidak ada definisi terjemahan yang tepat, istilah tersebut menjadi subyek kesalahpahaman dan perbedaan pendapat. Misalnya, istilah ini sering diterjemahkan dalam bagian Al-Qur'an sebagai "agama". Namun, dalam Al Qur'an itu sendiri, tindakan penyerahan kepada Tuhan selalu disebut sebagai Din, bukan sebagai "mazhab" ( مذهب) yang merupakan kata dalam bahasa Arab untuk "agama".

istilah Dīn juga banyak digunakan dalam terjemahan Al-Qur'an dalam arti yang lain. Yang paling terkenal dalam al-Fatihah. istilah ini diterjemahkan di hampir semua terjemahan sebagai "penghakiman":

Secara istilah khusus, din Islam dapat didefinisikan sebagai peraturan Allah yang membawa orang-orang berakal ke arah kebahagiaan dunia dan akhirat, yang mencakup masalah aqidah dan amal. Ia adalah suatu sistem yang mencakup peraturan-peraturan yang menyeluruh, serta merupakan "undang-undang" yang lengkap dalam semua urusan hidup manusia untuk kita terima dan mengamalkannya secara total.

Penegakkan Dien Allah dari masa ke masa

Karena yang diperjuangkan adalah sistem atau aturan yang tidak menghendaki pencampuran dengan aturan selain Din Allah, sehingga mayoritas para Rasul yang diutus selalu berlawanan dengan kekuasaan yang berlaku saat itu, mari kita lihat contohnya

  • Adam  AS    X  Iblis 
  • Nuh   AS     X  Kanaan 
  • Ibrahim AS   X  Nimrod 
  • Musa   AS   X  Firaun 
  • Isa    AS   X  Herodes 
  • Muhammad SAW X  Musyrik/

Oleh karena itu Dinul Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Merupakan Din (Agama) yang paling lengkap serta satu-satunya agama yang di ridhoi Allah SWT. Sebagaimana firman Allah dalam surat Ali Imron ayat 19
Allah Azza wa Jalla berfirman:

إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِن بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ ۗ وَمَن يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ

“Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang telah diberi Al-Kitab, kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian di antara mereka. Barangsiapa yang ingkar terhadap ayat-ayat Allah, maka sesungguhnya Allah sangat cepat perhitungan-Nya.” [Ali ‘Imran: 19]

Allah Azza wa Jalla berfirman:

أَفَغَيْرَ دِينِ اللَّهِ يَبْغُونَ وَلَهُ أَسْلَمَ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَإِلَيْهِ يُرْجَعُونَ

“Maka mengapa mereka mencari agama yang lain selain agama Allah, padahal apa yang ada dilangit dan di bumi berserah diri kepada-Nya, (baik) dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada-Nya-lah mereka dikembalikan ?” [Ali ‘Imran: 83]

Allah Azza wa Jalla juga berfirman:

وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Dan barangsiapa mencari agama selain agama Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi.” [Ali ‘Imran: 85]

Dengan demikian Islam dapat berarti senantiasa tunduk, patuh dan meyerahkan diri kepada allah SWT. Islam juga dapat berarti keselamatan dan kedamaian, karena orang yang telah masuk Islam akan selamat dan damai di dunia maupun di akhirat.




Lagu yang aslinya dinyanyikan oleh penyanyi muda dari tanah Arab, hadir dengan lembut dan membuat kita merenung. Hal ini setidaknya terlihat dari banyaknya komentar para netizen dan youtubers yang memuji tentang pesan damai dalam lirik lagu berbahasa Arab tersebut.

Dari terjemahannya lagu ini mengajak kepada semua umat Islam untuk bertoleransi, saling menghormati, dan yang lebih utama menunjukan bahwa Islam adalah agama pembawa perdamaian seperti yang diajarkan Nabi Muhamad SAW dan para sahabatnya

“Islam Bukan Teroris, Islam Agama Perdamaian Teroris Tidak Punya Agama,” tulis pemilik akun Galery Football, pada kolom komentar klip lagu Deen Assalam di akun “Official Sabyan gambus”.


Memang sebelum Sabyan Gambus muncul ke permukaan, tidak banyak anak muda tertarik dengan musik gambus yang didominasi bahasa Arab yang kurang familiar di telinga masyarakat Indonesia. Namun menjadi pembeda bisa menjadi salah satu kunci grup musik yang baru terbentuk selama tiga tahun itu digandrungi remaja, khususnya musik yang dibawakan memang terkesan lebih ngepop sehingga lewat musik pop itu bisa diterima masyarakat.

Terdiri dari lima orang personel, grup musik asal Jakarta ini mulai terbentuk tahun 2015. Di tahun kedua, Nissa bergabung dalam Sabyan Gambus sebagai vokalis.  Lagu berjudul Ya Habibal Qolbi yang dirilis pada bulan Januari sukses membawa Sabyan Gambus dikenal masyarakat luas. Lagu itu lantas diisusul dengan beberapa video berikutnya yang juga berhasil menarik perhatian ratusan juta viewers.

Nama Sabyan Gambus sendiri sudah tak asing lagi di jagat maya. Grup asal Jakarta Timur ini kerap menggungah cover lagu di Instagram maupun YouTube. Grup musik yang terbentuk pada 27 Januari 2015 ini dikenal khalayak luas lewat lagu cover salawat.


Melalui akun YouTube dan  Instagram @sabyan_gambus, grup musik yang terdiri atas tiga personel dan tiga additional player ini kerap mengunggah hasil cover salawat maupun lagu populer dengan aransemen khas Sabyan Gambus.

Sabyan Gambus mulai dikenal banyak orang dengan vokalis berparas imut yang bernama khoirunissa atau akrab disapa Nissa. Selain Nissa, Sabyan Gambus beranggotakan Ayus sebagai keybordist, Wawan, kamal (gendang), Tebe (biola), dan Anisa Rahman sebagai vokalis 2.

Sebelum dikenal luas dengan vokalis yang imut, tahun pertama terbentuk Sabyan Gambus belum menemukan ikon sekaligus vokalis yang tepat sebagaimana yang diungkapkan oleh Sofwan Yusuf salah satu personel Sabyan Gambus.


Awal terbentuk, Sabyan masih sering bergonta-ganti vokalis. Hingga pada tahun 2017 mereka menemukan sosok Nissa yang saat itu masih bersekolah di bangku kelas dua SMK. Mereka pun memutuskan untuk mengolah Nissa dengan mengajaknya manggung beberapa kali.

Hingga mereka dan Nissa pun mantab untuk bergabung. Sabyan memang mencari vokalis yang dapat menyanyikan segala jenis lagu, termasuk musik reliji. Tak disangka, bergabungnya Nissa membuat Sabyan Gambus melejit popularitasnya. 

Mereka menuturkan, bayaran awal mereka sebagai band tidaklah besar. Sabyan bahkan pernah hanya dibayar dengan ucapan terimakasih. Hingga mereka mendapatkan job professional dengan bayaran Rp 3 juta sekali manggung.

Kini dengan popularitasnya yang kian melejit, Sabyan Gambus dapat dibayar hingga Rp 30 juta lebih sekali manggung. Baik diacara Islami, sekolahan, maupun acara pesta pernikahan yang menginginkan para tamu undangannya disajikan dengan musik-musik Islami yang tak memamerkan aurat apalagi diperdengarkan lirik-lirik maksiat

Tinggal dihitung jika dalam satu minggu saja mereka dapat manggung sebanyak 4 hingga 5 kali.




Tak Hanya Remaja dan Dewasa, Lagu-Lagu Sbyan Juga Digemari Anak-Anak 

Ketika Nissa dan kawan-kawan manggung di berbagai tempat, Nissa bagaikan magnet yang mampu menarik penonton.

Mereka juga kerap diundang berbagai stasiun televisi. Nissa menjadi idola baru dalam dunia musik religi. Fans Nissa tidak hanya remaja saja. Anak-anak kecil juga bersimpati pada Nissa.

Seperti yang dialami bocah perempuan ini. Saat Nissa tengah manggung dan tampil menyanyikan lagu andalan Deen Assalam, bocah itu menangis histeris. Di samping panggung, dia terus menangis saat digendong orang dewasa.

Tangisannya semakin keras manakala keinginannya memeluk Nissa tak kesampaian. Beruntung, satu personel Sabyan Gambus berinisiatif membantu bocah tersebut. Segera dia mempertemukan bocah berhijab itu dengan Nissa di atas panggung.






Tercatat saat artikel ini diposting, Video lagu ini sudah diputar lebih dari 85 juta kali di YouTube. Ini menunjukan bahwa minat para pecinta musik masih ada jika para musisi bisa membuat/mengalihkan lagu-lagu bertema Islami

 
Like us on Facebook