MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

June 2, 2018

Kisah Terbelahnya Bulan

Baca Artikel Lainnya

Sungguh, telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah. 

See Explanation. Clicking on the picture will download the highest resolution version available.

Firman Allah di Surah Al-Ahzab ayat 21 ini merupakan pujian Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai Nabi, Rasulullah tidak cuma menyimpan teladan sempurna bagi manusia, Beliau juga diberi keistimewaan berupa mukjizat yang tidak dimiliki manusia kecuali Nabi-nabi terpilih.

Dikisahkan, suatu malam Allah menurunkan mukjizat kepada Nabi Muhammad SAW. Kala itu kaum musrik Makkah meminta Rasulullah untuk membelah bulan sebagai bukti kebenarannya sebagai Rasul. Peristiwa ini pun Allah abadikan dalam Quran Surah Al-Qamar ayat 1 yang artinya: "Saat (hari Kiamat) semakin dekat, bulan pun terbelah."

Saat itu, pembesar-pembesar Quraisy sedang berkumpul lalu berkata kepada Nabi SAW: “Hai Muhammad, jika kau memang benar, tunjukkan kepada kami bukti kebenaranmu itu. Pecahkan bulan itu menjadi dua bagian, separuh letakkan di Bukit Abu Qubais, separuh lagi letakkan di Bukit Qaiqa’an (nama dua bukit di Makkah)”.

Adapun pembesar-pembesar Quraisy kala itu antara lain Al Walid ibn Al-Mughirah, Abu Jahal, ‘Ash ibn Wa’il, ‘Ash ibn Hasyim, Aswad ibn ‘Abd Yaghuts, Aswad ibn Mutthalib, Zam’ah ibn Al Aswad, Nadhr ibn Al Harits.

Ketika itu bulan purnama. Nabi SAW memohon kepada Allah agar mengabulkan permintaan mereka. Tiba-tiba bulan terbelah menjadi dua bagian seperti yang mereka inginkan. Para pembesar Quraisy memandang peristiwa itu penuh keheranan. Mereka memeriksa pandangan mata mereka, tak percaya dengan apa yang mereka saksikan.

Mereka saling bertanya dan meyakinkan diri bahwa mereka tidak bermimpi. Pandangan mereka silih berganti melihat belahan bulan itu. Sementara Rasulullah berkata: Ya Allah, saksikanlah!” hingga sampai akhirnya bulan itu lenyap.

Setelah peristiwa itu ternyata sama sekali tidak berpengaruh positif pada diri pembesar Quraisy. Begitu sadar dan takjub dengan mukjizat itu, mereka kembali ingkar, kafir dan bahkan menantang Rasulullah. Mereka menuduh Nabi SAW melakukan aksi sihir dan berselisih satu dengan yang lain. 

“Demi Allah kalian telah disihir oleh Ibn Abi Kabsyah (maksudnya Nabi Muhammad),” ucap salah seorang dari mereka. 

Sebagian lainnya berkata, “Jika Muhammad benar-benar menyihir bulan, tentu fenomena ini tidak akan terjadi di seluruh dunia. Coba tanyakan kepada orang yang datang ke sini dari tempat yang jauh, apakah mereka juga melihat kejadian yang kita lihat?”

Maka berbegaslah kaum musyrik mendatangi para musafir yang datang dan menanyakan perihal peritiwa terbelahnya bulan itu. Subhanallah, mereka semua membenarkan kejadian itu. Namun celakanya, meski demikian, tetap saja kaum musyrik itu tidak beriman. Bahkan mereka menentang kebenaran Rasulullah SAW.

Peristiwa ini Allah abadikan dalan Alquran Surah Al-Qamar ayat 2-5:
“Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat suatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata, “(Ini adalah) sihir yang terus menerus.” Dan mereka mendustakan (Muhammad) dan mengikuti keinginannya, padahal setiap urusan telah ada ketetapannya. Dan sungguh, telah datang kepada mereka beberapa kisah yang di dalamnya terdapat ancaman (terhadap kekafiran). (Itulah) suatu hikmah yang sempurna, tetapi peringatan-peringatan itu tidak berguna (bagi mereka).”

Adapun peristiwa terbelahnya bulan purnama ini merupakan satu dari banyak mukjizat Nabi Muhammad. Yang menakjubkan selain Alquran, sebagian besar diturunkan kepada Nabi Muhammad. Umumnya mukjizat itu terjadi saat situasi darurat untuk meneguhkan dan menguatkan Rasulullah SAW. Terjadinya suatu mukijzat itu merupakan kehendak Allah Swt, dan tak seorang pun bisa melakukannya kecuali dengan izin-Nya.



 
 
NASA discovered recently that the surface of the moon has a long indentation; it is a thousands-of-kilometers long groove.
This can be a reference to what Allah Almighty said in the Quran
 
(The Hour (of Judgment) is nigh, and the moon is cleft asunder)
[Al- Qamar:1].
 
Also, we can conclude the Hour is drawing near.
God knows best.

Source NASA:

http://apod.nasa.gov/apod/ap021029.html
 
See Explanation. Clicking on the picture will download the highest resolution version available.
 
Pernah Terdapat alur/garis belahan dibulan mungkin kini sudah terutup oleh berbagai komponen antariksa
 
http://www.damianpeach.com/barbados06/lunar/hygnius_2006_04_19_small.jpg
 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhWUuNPD_ua1tigPcUH_vU1UGb4U2klEeJanr8Derb1Jf9BxkgIuk4akSAIX-y2zYcUxsgeqIsRUWhf16XiOu9-TI517c8MCJix1IbxYANQ6L08Ir0-TJuSgYgIbJLG1rWwBc_C-f8mWMc/s1600/Beagle_moon_scarp.jpg
 
 
 
Anda juga dapat mengakses gambar ini melalui Google Earth yang terbaru. Caranya adalah dengan mengunduh (download) Google Earth. Jika sudah mengunduh dan mengklik runmaka Anda tinggal menggunakannya. Ubahlah pilihan pada simbol seperti planet bercincin. Di situ ada pilihan antara Earth, Sky, Mars, dan Moon. Anda pilih Moon. Setelah itu carilah Rima Ariadaeus pada kolom search, maka Anda akan ditunjukkan Rima Ariadaeus seperti tampak dalam gambar di bawah ini. Adapun lokasi Rima Ariadaeus adalah pada 6° 24′ 0″ N14° 0′ 0″. Gambar di bawah ini penulis buat dengan koordinat 6° 24′ 0.40" N13° 59′ 59.79″ E elev-1845 ft.

1

 

Masih menurut NASA, Ariadaeus Rima diyakini sebagai bentuk faults yang terbentuk akibataktivitas tektonikBeberapa ilmuwan percaya bahwa rille linier mungkin terbentuk setelah peristiwa benturan besar, sementara yang lain percaya bahwa rille terbentuk sebagai sebuah manifestasi permukaan dari sistem parit dalam ketika gunung berapi bulan masih aktif.  

Para ahli sepakat bahwa Ariadaeus Rima adalah sistem sesar yang sama dengan yang di Bumi.  Panjang Rima Ariadaeus sekitar 300 km (186,4 mil) sedangkan lebarnya adalah 5 km (3,1 mildan mengganggu fitur geologi yang sudah ada sebelumnya.
 
Setelah memperhatikan penjelasan di atas, maka dapat diketahui bahwa tidak ada yang menerangkan bahwa gambar Rima Ariadaeus adalah bukti dari pembelahan bulan. Sebaliknya, jika memperhatikan keterangan dari  Ir. Agus Haryo Sudarmojo dalam bukunya “Menyibak Rahasia Sains Bumi dalam Al-Qur’an” di halaman 66-68, maka dapat diketahui bahwa gambar Rima Ariadaeus adalah bukti pembelahan bulan.



references by sindonews, 10507276

 
Like us on Facebook