June 4, 2018

Tips Agar Tak Ngantuk Saat Shaum Ramadhan

Baca Artikel Lainnya

Selain lapar dan haus, mengatuk merupakan hal lain yang kerap terjadi saat menjalankan ibadah puasa. Kondisi ini bukan disebabkan karena kurangnya istirahat, melainkan metabolisme tubuh yang berubah.

Dilansir Fitnessspotlight, penyebab mengantuk saat berpuasa, umumnya dipicu karena menurunnya kadar glukosa dalam darah sehingga membuat otak sulit berkonsentrasi. Sementara, otak mendapatkan energi dalam bentuk glukosa. Jika glukosa ke jaringan otak berkurang maka mempengaruhi kinerja otak.

Otak mengonsumsi 60% asupan glukosa tubuh. Saat energi yang dihasilkan makanan menipis, hati akan mengeluarkan cadangan glikogen untuk menghasilkan energi sehingga otak dan tubuh bisa bekerja maksimal. Namun, jika cadangan energi tidak cukup menghasilkan energi tambahan, tubuh akan lemas dan kadar gula darah menurun hingga menyebabkan mengantuk.

Biasanya, rasa kantuk akan mulai muncul saat memasuki siang hari dimana cadangan energi dalam tubuh pada orang yang berpuasa sudah mulai berkurang. Selain itu, kurangan asupan zat besi dalam tubuh juga bisa menyebabkan munculnya rasa kantuk saat siang hari. Agar tidak mudah mengantuk saat puasa, pastikan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks bisa didapat dari makanan seperti beras merah, ubi, jagung, singkong, oatmeal dan roti gandum. Makanan tersebut akan bekerja dengan menahan glikogen lebih lama dan menghasilkan glukosa. Selain itu, cukupi juga asupan zat besi seperti sayuran berdaun hijau, ikan teri dan kacang-kacangan. Zat besi akan menyerap oksigen sehingga tidak mudah ngantuk.



references by sindonews

 
Like us on Facebook