June 22, 2018

Kenapa Pipi Jadi Tembem?

Baca Artikel Lainnya

Pipi tembem atau biasa disebut chubby terkadang menjadi masalah bagi beberapa orang.Pipi jenis ini memang terlihat menggemaskan.Tapi ada juga beberapa orang yang merasa tidak percaya diri, terutama bagi para wanita. Kebanyakan wanita menginginkan pipi yang tirus. Alasannya beragam, ada yang ingin terlihat lebih kurus. Tapi ada juga yang ingin supaya terlihat lebih dewasa.


Pernah ada teman / seseorang yang sudah lama tak bertemu lalu mengatakan ? kamu agak gendutan?

Karena pipi tembem kerap pula diidentikan dengan anak kecil.Bentuk pipi dan bagian tubuh lainnya terbentuk karena peran dari genetika.Namun ada juga faktor dari luar yang memengaruhinya.Apa saja?


1. Kelebihan garam / Minuman / Makanan Mengandung Gula

Tidak hanya gula, namun kelebihan dalam mengonsumsi garam / gula juga bisa sebabkan kegemukan.

Terutama untuk bagian pipi dan menjadikannya lebih tembem.


2. Kurang minum air putih

Kurang minum air putih juga bisa sebabkan pipi menjadi mengembang.

Air putih berfungsi menetralkan lemak pada tubuh yang juga terdapat pada bagian wajah.


3. Terlalu banyak karbohidrat

Perlu diperhatikan, apakah kamu terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat atau tidak.

Terutama nasi putih, di mana kandungan gulanya sangat tinggi.

Hal ini bisa pengaruhi penampilan wajahmu.


4. Banyak makan. 
Terlalu sering mengunyah makanan bisa menyebabkan pipi Anda semakin tembem.
Fast food. Makanan cepat saji dan berlemak menyebabkan penumpukan lemak pada pipi Anda sehingga menjadi tembem.

5. Kurang kalsium. 
Kekurangan kalsium menyebabkan tulang pipi Anda kurang terbentuk sehingga mudah tertutup oleh lemak.

6. Kurang minum Air Putih.
Kekurangan air putih menyebabkan lemak pada wajah Anda sulit untuk larut.

7. Malas Bergerak / Kurang olahraga. 
Lemak yang tidak terbakar oleh kegiatan olahraga akan menumpuk di pipi Anda.

8. Kurang tidur. 
Kurang istirahat juga menyebabkan metabolisme dalam tubuh Anda berjalan kurang sempurna.

9. Obesitas. 
Ini terjadi jika Anda terlalu gemuk sehingga pipi juga ikut membesar.
Rokok dan alkohol. Hati-hati, rokok dan alkohol juga bisa membuat pipi Anda menjadi lebih tembem.


Tak semua orang nyaman memiliki pipi tembam atau biasa disebut "chubby". Garis rahang dengan pipi semacam itu akan terlihat seperti huruf "U", bukan huruf "V" seperti pada pipi yang tirus.

Kedokteran estetika sebenarnya menawarkan solusi untuk mengatasi pipi yang tembam. Namun, menurut dokter spesialis kulit dan kelamin Jonathan Raharjo Subekti perlu diketahui dulu penyebab pipi "chubby".

Ada tiga penyebab yang umum terjadi sehingga pipi menjadi tembam.

Kondisi pertama karena rahang besar sehingga tulangnya secara anatomi besar. Kemudian bisa diakibatkan karena otot untuk buat mengunyah menjadi besar. Terakhir adalah karena lemak di pipi.

"Nah, kalau mau atasi, kita harus lihat itu dulu. Jadi engak ada satu treatment untuk semua pipi chubby," kata Jonathan kepada Kompas Lifestyle saat saat peluncuran Hydrabio Essence Lotion dan Hydrabio Gel Creme dari Bioderma di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017).

Untuk kondisi pipi tembam karena lemak maka bisa meniruskan dengan pengambilan lemak secukupnya. Kemudian untuk kondisi otot pipi yang besar, bisa diatasi dengan penyuntikan Botullinum Toxin A atau biasa dikenal botox.

Sedangkan untuk tulang besar, perlu dilakukan operasi. Kondisi ini terjadi biasanya karena faktor genetik.

Dua kondisi yang paling umum terjadi adalah lemak di pipi dan otot besar. Jonathan membagikan tips agar otot mengunyah tidak besar adalah dengan mengatur aktivitas mengunyah.

Dia menganjurkan untuk tidak makan makanan keras karena akan membuat otot lebih keras bekerja sehingga membuat otot pipi menjadi besar. "Jangan sering makan permen karet dan yang enggak perlu, itu bisa jadi otot lebih besar," ujar Jonathan.



Tips Bagaimana Cara Mengecilkan Pipi Tembem


Memijat wajah
Memijat wajah sangat efektif sebagai cara mengecilkan pipi tembem secara alami. Dengan melakukan pijatan wajah ini akan membantu mengurangi lemak pada wajah. Caranya mudah saja, oleskan minyak yang diperuntukkan untuk muka sebagai pelicin. Kemudian lakukan gerakan memutar menggunakan jari telunjuk dan jari tengah mulai dari pipi bawah ke pipi atas lalu kembali lagi. Lakukan selama 15 menit.

Senam wajah.
Melakukan senam wajah mudah saja. Yang perlu Anda siapkan adalah 1 buah balon. Tiup balon menggunakan mulut Anda. Setelah balon mengembang, kempeskan lagi kemudian tiup lagi.


Mengunyah permen karet
Cara mengecilkan pipi chubby secara alami berikut ini juga mudah. Anda hanya perlu rutin mengunyah permen karet setiap hari. Kunyah permen karet selama 20 menit, 2 kali sehari. Namun pilihlah permen karet yang tanpa gula.

Gerakan memutar lidah
Gerakan memutar lidah memang terdengar konyol. Namun dengan memutar lidah dalam keadaan mulut tertutup, efektif mengurangi lemak yang tersimpan pada pipi Anda. Lakukan hal ini selama 15 menit. Putar lidah ke kanan lalu ke kiri.



Gerakan smiling fish
Smiling fish merupakan gerakan senam wajah yang efektif sebagai cara mengecilkan pipi tembem dan lebar secara alami dan cepat. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan menjepit lemak pipi ke dalam menggunakan gigi atau seperti menyedot pipi ke dalam dan membuat wajah ikan. Sembari mencoba untuk tersenyum, tahan posisi ini selama 15 detik dan ulangi hingga 5 kali.

Gerakan peregangan wajah
Cara mengecilkan pipi tembem selanjutnya adalah dengan meregangkan wajah. Maksudnya adalah memberi sensasi rileks pada wajah. Caranya adalah dengan menekan halus wajah memakai jari telunjuk dan jari tengah, mulai dari hidung digerakkan menuju telinga. Lakukan bersamaan dengan bibir yang membentuk duck face. Lakukan setiap hari

Meniup pipi
Dengan meniup pipi atau menggembungkan pipi selama 5 menit dan diulangi hingga 5 kali terbukti ampuh sebagai cara mengecilkan pipi tembem secara alami yang efektif.

Kumur air hangat
Berkumurlah 2 kali sehari usai sikat gigi menggunakan air hangat. Berkumurlah selama semenit dan lakukan setiap hari.

Berpura-pura kumur
Hal ini hampir sama dengan meniup pipi dan berkumur. Namun bedanya adalah tiup pipi kiri selama 10 detik, kemudian gantian pindahkan udara ke pipi sebelah kanan. Tahan selama 10 detik. Lakukan 5 kali kemudian tambah kecepatan hingga meniru orang yang sedang berkumur

Sering tersenyum
Sering tersenyum tanpa alasan mungkin akan membuat Anda dikira gila oleh orang-orang sekitar Anda. Tentu saja mungkin Anda ingin mencoba secara sembunyi-sembunyi cara ini agar tidak dikira gila. Yang perlu Anda lakukan hanyalah senyum lebar tanpa memperlihatkan gigi selama 5 menit. Ulangi hingga 5 kali.

Minum banyak air putih
Air mineral penting bagi tubuh. Air mineral membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun yang masuk dalam tubuh, membuat kulit tampak lembut dan cerah, dan membantu meningkatkan kinerja otak. Selain manfaat-manfaat tersebut, air mineral berguna sebagai cara mengecilkan pipi yang efektif.

Konsumsi makanan kaya serat / Sayuran
Makanan yang mengandung banyak serat adalah kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan beras merah.

  • Manfaat makanan kaya serat antara lain :

  • Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh

  • Membantu menurunkan berat badan

  • Menurunkan kolesterol tinggi

  • Membersihkan saluran pencernaan

  • Melindungi tubuh dari penyakit usus besar

  • Menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah

  • Mengendalikan gula darah

  • Memperlambat penyerapan glukosa

Olahraga
Tidak hanya melulu makan, hal lain yang perlu dilakukan untuk meniruskan adalah berolahraga. Hal ini untuk memastikan makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi otot bukannya lemak. Lakukan olahraga ringan terlebih dahulu seperti jogging, push-up, sit-up, berenang, bersepeda dan lainnya.

Tidak mengonsumsi makanan / minuman mengandung gula dan garam berlebihan
Agar lemak tidak sekadar menumpuk pada pipi. Kurangilah makanan yang banyak mengandung gula dan garam.










references by grid, tribunnews, merdeka,
images by womendailymagazine

 
Like us on Facebook