June 5, 2018

Kenapa Wanita Sering Menangis Dibanding Cowok?

Baca Artikel Lainnya

Pernah nggak kamu dicemooh cengeng karena gampang sekali menangis? Atau mungkin selama ini kamu sering bertanya-tanya kenapa sih wanita lebih banyak menangis dari pria? Wanita memang punya kecenderungan lebih gampang dan lebih banyak menangis daripada pria dan hal ini ada penjelasan ilmiahnya.

Seperti yang dikutip dari buku Why Men Lie and Women Cry, kelenjar air mata wanita lebih aktif daripada pria, ini selaras dengan respons emosional yang lebih besar pada otak wanita. Jadi inilah yang membuat wanita punya kecenderungan lebih banyak menangis daripada pria. Air mata dibentuk oleh kelenjar air mata yang terletak di atas mata dan dibuang oleh saluran di sudut bagian dalam mata yang mengalirkannya ke rongga hidung. Pada situasi emosional atau tertekan, kelebihan air mata tidak dapat dibuang cukup cepat melalui saluran air mata dan menggulir ke bawah, ke pipi.


Sementara itu, pria jarang tampak menangis di depan umum karena, dari sudut pandang evolusi, seorang pria yang menunjukkan emosi, terutama di sekitar pria lainnya, akan menempatkan dirinya dalam risiko. Dia bisa kelihatan lemah dan hal ini bisa mendorong orang lain untuk menyerangnya. Karena alasan inilah seorang pria punya kecenderungan menyembunyikan air matanya.

Mungkin kamu sendiri pernah mengalami hal ini. Ketika menangis di depan orang terdekat, seperti sahabat wanita, sebenarnya kita sedang meluapkan emosi kita dan mempercayainya. Wanita yang menangis diibaratkan sebagai bayi dan menempatkan sahabatnya itu di dalam peran orangtua yang melindungi. Menangis bahkan bisa jadi tanda kepercayaan kita di depan orang terdekat kita. Rasanya akan janggal bila kita menangis di depan orang asing dan mencurahkan emosi serta perasaan kita padanya.

Belum lagi ketika seorang wanita sedang PMS, wah perasaannya yang gampang sensitif dan tersinggung bisa membuatnya jadi lebih gampang menangis dari biasanya, ya kan? Kalau kamu sendiri bagaimana, ladies? Apakah kamu termasuk wanita yang gampang sekali menangis?


references by vemale

 
Like us on Facebook