December 27, 2017

1 Januari 2018, WhatsApp Tak bIsa Digunakan Pada Smartphone Ini

Baca Artikel Lainnya

WhatsApp dilaporkan akan berhenti beroperasi di sejumlah sistem operasi mobile terhitung mulai dari 31 Desember 2017. Keputusan ini tak aneh mengingat aplikasi chatting itu mengakui hanya akan mendukung platform populer di masa depan.

"Seperti yang kami rencanakan untuk tujuh tahun ke depan, kami ingin fokus pada mobile platfrom yang banyak digunakan oleh banyak orang," tutur perusahaan dalam blog resminya yang diunggah Februari 2016.


Dikutip dari Mirror, Rabu (27/12/2017), layanan itu akan mulai menghentikan dukungan untuk system operasi BlackBerry dan BlackBerry 10 setelah 31 Desember 2017. Penghentian itu juga berlaku untuk Windows Phone 8.0 dan versi di atasnya.

Sementara layanan untuk Nokia S40 akan berhenti setelah 31 Desember 2018. Meski masuk dalam daftar sistem operasi terbanyak, Android versi lawas tak luput dari pemberhentian dukungan oleh WhatsApp.

Perusahaan itu menyebut dukungan Android versi 2.3.7 dan generasi yang lebih tua akan berhenti setelah 1 Februari 2020. Karenanya, WhatsApp mengingatkan sejumlah fitur mungkin akan berhenti berfungsi mengingat dukungan sistem operasi sudah berhenti.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama WhatsApp melakukan hal tersebut. Sebelumnya, perusahaan menghentikan dukungan untuk Android 2.1 dan Android 2.2, Windows Phone 7, dan iPhone 3GS/iOS 6.

"Ini adalah keputusan yang sulit, tapi merupakan cara untuk memberi kesempatan bagi pengguna untuk berhubungan dengan teman, keluarga, dan orang yang dicintai menggunakan WhatsApp," tutur perusahaan.


WhatsApp akan berhenti beroperasi di beberapa sistem operasi ponsel mulai 1 Januari 2018 nanti.
Dilansir dari Daily Mirror, aplikasi pesan instan ini mengumumkan bahwa mereka akan fokus ke platform iOS dan Android.

"Seiring kita melihat ke depan untuk tujuh tahun ke depan, kami ingin memfokuskan usaha kami pada platform mobile yang sebagian besar digunakan orang," kata perusahaan tersebut dalam sebuah posting blog.

Oleh karena itu, perangkat Blackberry OS dan Blackberry 10 tidak dapat menggunakan aplikasi ini mulai 1 Januari 2018 nanti.

Blackberry saat ini memang telah beralih ke Android tahun ini.
Namun, Blackberry lama tentu saja masih menggunakan sistem operasi lama.
Selain itu, WhatsApp juga tidak akan bisa digunakan di sistem operasi Microsoft Windows 8.
Bahkan, Microsoft telah mengakui kekalahannya dalam sistem operasi mobile-nya.
Seperti diketahui, WhatsApp sudah ada sejak 2009 lalu.

Dengan berbagai macam fiturnya, ia telah berhasil meraup banyak pengguna.
Bahkan, aplikasi ini menjadi platform pesan terpopuler di dunia.
Meskipun memiliki lebih dari satu miliar pengguna, banyak di antaranya yang masih menggunakan sistem operasi lama.

"Ini adalah keputusan yang sulit untuk kita buat, tapi yang tepat untuk memberi orang cara yang lebih baik untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan orang yang dicintai dengan menggunakan WhatsApp," tutup pengumuman tersebut


  • BlackBerry OS
  • BlackBerry 10
  • Windows Phone 8.0 kebawah
  • Android OS 4.0 versi kebawah
  • iOS 7+ versi kebawah


"These platforms don't offer the kind of capabilities we need to expand our app's features in the future. If you use one of these affected mobile devices, we recommend upgrading to a newer OS version, or to a newer Android running OS 4.0+, iPhone running iOS 7+, or Windows Phone 8.1+ so that you can continue using WhatsApp,"
The company, however, confirmed that it will continue to work on Nokia S40 until December 31, 2018, while will support Android 2.3.7 and older until February 1, 2020.  



references by liputan6, tribunnews

 
Like us on Facebook