December 16, 2017

Gangguan Yang Muncul Jika Tubuh Kurang Air

Baca Artikel Lainnya

Air adalah komponen utama organ vital, seperti otak, hati, dan jantung. Air putih penting untuk tulang Anda dan bahkan ruang antara sel Anda. Itu sebabnya minum air putih terlalu sedikit bisa menimbulkan masalah kesehatan. Berikut uraian 10 penyesalan yang akan terjadi jika kurang minum air putih:


1. Dehidrasi kulit

Selain menggunakan krim pelembab dan perawatan alami lainnya, solusi terbaik untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi adalah cukup minum air. Elastisitas kulit Anda bergantung pada keseimbangan air yang cukup. Untuk mengetahui apakah kulit Anda mengalami dehidrasi, lakukan tes berikut ini:

Dengan lembut cubit kulit dan lihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kembali ke posisi normalnya. Jika Anda mengalami dehidrasi, kulit akan sangat perlahan kembali ke bentuk semula. Jika tidak dehidrasi, akan segera kembali.

Anda juga bisa menguji suhu kulit, terutama wajah, untuk melihat apakah itu mengalami dehidrasi. Biasanya, tubuh membutuhkan banyak air untuk mempertahankan suhu yang ideal. Ini berarti bahwa jika kulit Anda lebih panas dari biasanya, Anda mungkin perlu lebih banyak minum air putih.

2. Sembelit
Konstipasi membuat sulit buang air besar secara normal, dan salah satu penyebab utamanya adalah kurang minum air. Jika usus bertugas membentuk tinja, usus besar akan mengeluarkan banyak air untuk mempermudah keluarnya. Bila tidak ada cukup air akan menyulitkan untuk membuang tinja dan bisa menyebabkan sakit perut.

Salah satu masalah yang berhubungan langsung dengan sembelit adalah wasir, yang disebabkan oleh usaha yang harus dilakukan usus untuk menghilangkan kotoran yang sangat padat atau kering.


3. Kram otot

Kram otot biasanya terkait dengan aktivitas fisik, tapi bisa juga dikaitkan saat tubuh Anda kekurangan air.

Dengan adanya tingkat cairan yang tidak mencukupi dalam tubuh, Anda mengalami ketidakseimbangan pasokan elektrolit dan mineral Anda. Komponen ini sangat penting untuk fungsi otot Anda.

Inilah sebabnya mengapa sebaiknya Anda tetap terhidrasi saat berolahraga atau beraktivitas, karena Anda kehilangan air dan mineral melalui keringat Anda.


4. Kelelahan

Tidak cukup minum air putih secara langsung mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda dan bisa menyebabkan kelelahan. Bila Anda tidak memiliki cukup cairan, sel Anda memperlambat aktivitas mereka dan menghasilkan lebih sedikit energi. Orang yang menderita dehidrasi sering lelah dan mengantuk karena alasan ini. Untungnya, efek kelelahan bisa diatasi dengan minum air putih.

Sebaiknya makan buah dan sayuran yang mengandung banyak air untuk meningkatkan jumlah cairan di tubuh Anda. Selain asupan vitamin, buah seperti semangka dan jeruk memberi gula yang secara alami meningkatkan tingkat energi Anda.

5. Mulut kering

Masalah dengan mulut kering sering dikaitkan dengan kebersihan mulut dan pencernaan makanan yang tepat. Saran terbaik saat Anda memiliki mulut kering adalah segera minum air.

Gejala mulut kering: sensasi lengket atau kering, air liur tebal, nyeri atau terbakar di mulut atau lidah, bibir pecah-pecah atau di sudut mulut, lidah kering dan kasar, kesulitan mengunyah, mencicipi makanan, atau menelan.

6. Migrain

Sebagian besar, migrain berhubungan dengan dehidrasi. Bila Anda tidak minum cukup air, pembuluh darah Anda akan membesar, yang menyebabkan sakit kepala hebat. Ingat bahwa dehidrasi tidak hanya terjadi pada hari dengan suhu tinggi. Selama Anda minum cukup air, Anda akan memiliki keseimbangan yang memadai dan akan mengurangi risiko terkena migrain.

7. Tekanan darah tinggi

Kurang minum akan mengurangi volume darah di pembuluh darah Anda saat idealnya, mereka harus 'kenyang'.

Agar organ tubuh Anda berfungsi dalam kondisi dehidrasi, tubuh Anda melepaskan hormon histamin. Zat ini menyebabkan pembuluh darah dan arteri berkontraksi, yang menyebabkan peningkatan tekanan darah Anda.

Banyak minum air juga meningkatkan sirkulasi, mengurangi penumpukan racun dan zat berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.


8. Masalah dengan ginjal Anda

Minum banyak air merangsang fungsi ginjal yang tepat. Ginjal Anda bertanggung jawab untuk mengeluarkan racun, urea, dan garam dari tubuh Anda. Bila ginjal Anda tidak dapat melakukan fungsi vital ini, masalah kesehatan tertentu akan muncul, seperti batu ginjal.

Menjaga kesehatan ginjal artinya Anda berkontribusi terhadap keseimbangan metabolik tubuh Anda dan membantu mencegah gangguan dan penyakit kronis.

9. Berat badan

Terkadang, gejala kelaparan bisa menjadi bingung dengan haus. Beberapa orang akan makan, padahal tubuh mereka sebenarnya menuntut cairan.

Dilansir Liputan6, ini adalah faktor penting yang perlu diingat saat merawat berat badan dan kesehatan Anda. Anda juga harus tahu bahwa minum air mempercepat metabolisme Anda, yang meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar.

Sebagian besar makanan biasanya membutuhkan beberapa gelas air setiap hari untuk alasan ini. Ingat bahwa Anda harus minum air putih, bagaimana pun, tanpa tambahan gula atau penyedap buatan.

10. Nyeri sendi

Jika Anda pernah merasakan nyeri sporadis di persendian Anda, sangat mungkin Anda tidak cukup minum air putih.

Tulang rawan Anda, yang membantu membatasi gesekan di dalam persendian Anda, terdiri dari 70 persen air. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memiliki banyak cairan sehingga tulang rawan Anda dapat mempertahankan bentuknya yang tepat, yang memungkinkan pergerakan di antara tulang-tulang.

Jumlah air yang harus Anda minum tergantung pada faktor-faktor seperti usia, tingkat aktivitas fisik, cuaca, dan kesehatan Anda. Karena itu, penting untuk fungsi vital tubuh Anda, Anda harus meningkatkan asupan air agar tetap sehat.


Air Layak Konsumsi Menurut WHO

Sampai saat ini masih saja ada orang yang mengabaikan air putih, padahal manfaatnya sangat besar dan kerusakan bila kekurangan air juga nyata. Air mencegah kita kehausan, mendorong metabolisme, membuat rasa kenyang lebih lama sehingga mencegah kita makan terlalu banyak, juga membuat kulit lebih halus karena ketersediaan cairan di dalam tubuh hingga mencegah hilang konsentrasi.

Selain itu, masih banyak manfaat air putih yang sering dilupakan oleh manusia. Beberapa manfaat penting air bagi tubuh menusia yang sudah di ketahui medis diantaranya adalah :


  1.     Berpikir Lebih Baik
  2.     Mencegah Penyakit Batu Ginjal
  3.     Memperlancar Sistem Pencernaan
  4.     Menjadi Awet Muda
  5.     Mencegah Penyakit Jantung
  6.     Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh
  7.     Penyeimbang Sistem Getah Bening
  8.     Menjaga Berat Badan Tubuh
  9.     Menjaga Mood
  10.     Menjaga Kebersihan serta Kesehatan Gigi dan Mulut
  11.     Mengurangi Rasa Kram dan Terkilir
  12.     Memperlancar Buang Air Besar
  13.     Sebagai Obat Sakit Kepala
  14.     Mengurangi Resiko Kanker

Konsumsi Air Yang Disarankan

Manusia dewasa disarankan untuk mengkonsumsi air sebanyak 2 liter sehari, atau sekitar 8 hingga 10 gelas perhari. Air bekerja dengan ajaib dan memacu peningkatan pada kesehatan manusia. Manfaat air putih dan manfaat kesehatan memang tidak dapat dipisahkan.

Sumber Air Menentukan Kwalitas Air

Alam memberi kita sumber kehidupan terbaik, sudah sepantasnyalah kita berusaha mengelola pemberian alam ini dengan pengelolaan yang profesional dan ramah lingkungan. Kelestarian sumber air minum tergantung dari diri kita sendiri, mulailah beralih kepada sumber air yang ramah lingkungan dan tidak merusak alam. Saat ini sudah banyak teknologi filtrasi untuk menyaring air dari keran di gunakan oleh industri makanan dan minuman, namun masih sedikit sekali di gunakan di rumah tangga. Keuntungan memanfaatkan teknologi ini kita tidak perlu merusak sumber mata air pegunungan, karena kita bisa menggunakan sumber air permukaan seperti sungai yang telah di olah PDAM atau biasa kita sebut air keran maupun air sumur.
Syarat Air Minum Yang Layak Dikonsumsi Secara Fisik, Kimia, Biologi dan Radiologi

Air bersih terlebih lagi air minum harus bebas dari mikroorganisme penyebab penyakit dan bahan-bahan kimia yang bisa merugikan kesehatan tubuh. Air merupakan zat kehidupan, di mana tidak ada satu pun makhluk hidup di bumi ini yang tidak membutuhkan air.

Ada beberapa persyaratan yang perlu diketahui mengenai kualitas air tersebut baik secara fisik, kimia dan juga mikrobiologi.

1. Syarat fisik
Air mesti bersih dan tidak keruh
Tidak berwarna apapun
Tidak berasa apapun
Tidak berbau apaun
Suhu antara 10-25 C (sejuk)
Tidak meninggalkan endapan

2. Syarat kimiawi
Tidak mengandung bahan kimiawi berracun
Tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan seperti logam berat
pH air antara 6,5 – 8,5
Tidak mengandung pestisida

3. Syarat mikrobiologi

Tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus, kolera, dan bakteri patogen penyebab penyakit.

4. Syarat radiologi
Air minum tidak boleh mengandung bahan-bahan radioaktif ataupun aktivitas radioaktif.
Ada sebuah faktor yang sangat penting dalam menentukan kwalitas air minum, yakni kandungan TDS (Total Dissolved Solids) atau kandungan unsur mineral dalam air. Contoh unsur mineral dalam air yaitu zat kapur, besi, timah, magnesium, tembaga, sodium, klorit, dan klorin. Air minum yang mengandung mineral tinggi sangat tidak baik bagi kesehatan, sebab mineral dalam air tidak akan hilang dengan cara direbus.

Mineral yang baik bagi tubuh manusia yaitu mineral organik yang berasal dari sayur, buah, daging, telur, atau susu. Menurut standar WHO, air minum yang layak dikonsumsi memiliki kadar TDS < 100. Pembagian kategori air menurut total zat padat yang terkandung di dalamnya (TDS) adalah :  > 100 ppm = bukan air minum, 20 - 100 ppm = air minum, 1 - 10 ppm  = air murni/aquades dan  0 ppm = air organic. Sedangkan pemerintah menerapkan TDS < 500.




references by rakyatku, http://blogdopichi.blogspot.co.id

 
Like us on Facebook