December 15, 2017

Rutin Kunjungi Situs Belanja Online Bikin Boros

Baca Artikel Lainnya

Buat yang suka berbelanja secara online, disarankan tidak menyimpan data (alamat e-mail atau kartu kredit) di situs bersangkutan. Bukan soal masalah keamanan, berhubung data sudah tersimpan justru membuat kita jauh lebih boros—kan cuma sekali klik.



Menurut Claire Bradley dari situs investopedia.com, menyimpan data kartu kredit atau mendaftarkan e-mail pribadi, sekalipun pada situs terpercaya, cenderung mendorong kita berbelanja secara impulsif. Dengan segala kemudahan, kita cepat lupa dengan perusahaan bersalah karena sudah menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang tidak perlu.

Lebih baik, nih, pilih metode pembayaran transfer ketika bertransaksi. Dengan begitu, ada usaha yang harus dilakukan, yaitu buka aplikasi m-banking terlebih dahulu atau pergi ke ATM. Tidak langsung bisa bertransaksi, deh. Plus, kita jadi lebih selektif memilih produk karena tergantung persediaan uang di tabungan.


Sering berkunjung dan melihat-lihat disitus jual beli online ternyata mempengaruhi psikologi sebagian dari kita, kita ingin semua produk yang dilihat padahal kita tidak begitu memerlukannya. Terkadang foto-foto yang muncul baik sengaja atau tidak sengaja kita klik akan membuat kita merencakan untuk bisa membeli barang tersebut secepatnya

Sebuah studi yang dimuat di Journal of Retailing and Consumer Services menyebutkan, device yang kita gunakan untuk berbelanja di dunia maya rupanya punya pengaruh besar bagi kemampuan menentukan prioritas dan mengambil keputusan.

Penelitian dari University of British Columbia, Kanada, ini menemukan, para shopper akan lebih mampu bersikap dan memilih apa yang akan dibelanjakan dengan rasional jika berbelanja dengan komputer. Sebaliknya, jika shopper menggunakan device yang sifatnya touch screen seperti smartphone atau tablet, maka mereka cenderung akan membeli benda yang belum tentu diperlukan, atau dengan kata lain, belanja dengan impulsif.

Menurut psikolog Natasha Sharma dari University of Toronto, Kanada, penyebabnya adalah sentuhan. Saat berbelanja menggunakan smartphone, sentuhan pada layar akan memberikan semacam perasaan terkoneksi dengan benda yang sedang dilihat, sehingga mendorong seseorang untuk ingin membelinya.

Kalau Anda tipe orang yang suka online shopping dengan impulsif, mungkin sebaiknya hapus aplikasi e-commerce di ponsel dan belanja lewat PC saja, tak heran banyak toko situs jual beli online memberikan promo jika menggunakan aplikasi milik mereka 




references by femina, womentalk
images by atlastrnd

 
Like us on Facebook