December 4, 2017

Dampak Negatif Terlalu Banyak Makan Kimchi

Baca Artikel Lainnya

Kimchi sempat disebut sebagai salah satu makanan tersehat di dunia, karena sayur sawi dan lobak yang difermentasi dengan beberapa bumbu asli Korea ini mengandung bakteri probiotik, serat, vitamin dan mineral yang menyehatkan.


Namun demikian sebaiknya Anda tidak banyak-banyak mengonsumsinya karena bisa menimbulkan risiko kesehatan. Penyebabnya adalah karena jumlah mikroorganisme dalam usus akan jadi tidak seimbang, sehingga membuat seseorang mengalami diare.

Bakteri baik tidak saja bisa didapat pada kimchi, di beberapa makanan hasil fermentasi lainnya semisal yogurt dan tempe gembus pun ada bakteri baik yang bermanfaat untuk pencernaan.

Akan tetapi konsumsi dalam jumlah normal saja, agar tidak menimbulkan diare akibat kelebihan satu jenis mikroorganisme di dalam usus.

Batas toleransi masing-masing orang berbeda dalam mengonsumsi makanan hasil fermentasi, sehingga Anda lah yang dapat menentukan sendiri sampai dimana batasan yang tidak menimbulkan sakit perut dan diare.

Warga Korea punya kebiasaan selalu menyediakan kimchi di meja makan, dan mengonsumsinya setiap hari. Namun jumlahnya juga tidak terlalu banyak, sebab menu itu hanya sebagai tambahan saja, mirip dengan acar jika di Indonesia.

Manfaat konsumsi kimchi cukup banyak, selain menyehatkan sistem pencernaan, juga dapat membantu menghaluskan kulit, melancarkan sistem metabolisme, meningkatkan imunitas dan menjauhkan dari penyakit yang dipicu oleh jamur dan bakteri.


references by sidomi

 
Like us on Facebook