December 9, 2017

Manfaat Bermain Boneka Pada Anak Perempuan

Baca Artikel Lainnya

Alat permainan ternyata sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Apalagi dalam memberikan mainan boneka, seperti yang selalu dimainkan anak-anak perempuan.  Child Development Specialist dr. Markus M. Danusantoso, SpA mengatakan bermain boneka memiliki banyak manfaat. Salah satunya perkembangan imajinasi anak.





"Mudah merangsang anak berimijanisi dan lebih kreatif. Jadi dia banyak mendapatkan imajinasi positif  dan mendapatkan kreatifitas yang lebih,"  kata dr. Markus di Jakarta.

Bermain boneka meningkatkan anak lebih terbuka kepada orang tua. Sebab, dia akan lebih banyak bercerita menggenai apa yang ingin dilakukan dan yang diinginkannya.

"Perkembangan jauhnya, anak lebih terbuka dalam mengungkapkan keinginannya karena lebih banyak bercerita apa yang ingin dilakukannya," ujar dia.


Balita khususnya balita perempuan suka bermain boneka. Boneka adalah karakter yang mewakili makhluk hidup yang dapat diajak berkomunikasi dan memerlukan perhatian serta kasih sayang. Bermain dengan boneka dapat memberikan manfaat bagi perkembangan si kecil. Berikut beberapa manfaat main boneka.

1. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus
Memberi makan, memberi botol susu, mengganti pakaian boneka, dan aktivitas bermain boneka lainnya melatih keterampilan motorik halus karena melibatkan gerakan-gerakan jari-jari tangan.

2. Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar
Bermain boneka juga melibatkan keterampilan motorik kasar karena melibatkan gerakan tangan, lengan, dan kaki misalnya saat menggendong boneka, memindahkan atau mengambil barang-barang keperluan boneka.

3. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa
Boneka adalah mainan yang pantas untuk diajak berbicara. Anak akan berinteraksi dengan boneka seolah bonekanya dapat memahami bahasa manusia. Saat berbicara dengan boneka anak akan mengeluarkan ide-ide dan pemikirannya secara bebas sehingga melatih keterampilan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi.

4. Meningkatkan Keterampilan Sosial
Boneka dapat dimainkan secara bersama-sama dalam kelompok. Anak akan saling berdiskusi membahas aktivitas dengan boneka masing-masing. Kadang-kadang anak-anak tersebut menyusun sebuah skenario peran masing-masing boneka untuk dimainkan bersama. Tidak jarang pula anak akan membuka komunikasi dengan ibu mengenai kondisi bonekanya.

5. Melatih Kemandirian
Anak-anak biasanya tidak suka diajari bagaimana memperlakukan bonekanya. Anak-anak akan berusaha merawat bonekanya sesuai dengan kemampuannya. Adakalanya ibu tidak harus terlibat dalam permainan, cukup mengawasi saja.


Berikut adalah manfaat permainan boneka untuk anak perempuan usia 2 – 5 tahun :

Kemampuan verbal
Buah hati anda berbicara sendiri ketika bermain boneka ? anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir atau bahkan heran, karena menurut banyak penelitian yang sudah dilakukan mengatakan bahwa perempuan suka banyak berbicara atau senang berbicara dibandingkan dengan laki – laki. Jadi selain menjadi hal yang normal, bermain boneka sambil berbicara sendiri juga bisa membantu untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan verbal pada buah hati anda.

Membantu anak untuk bersosialisasi
Bermain boneka bersama teman sebaya lengkap dengan akesesoris rumah – rumahan ternyata juga bermanfaat untuk melatih kemampuan sosialisasi pada anak. Namun peran bunda penting dalam hal ini karena anda juga harus selalu memperhatikan jika kemungkinan ada timbulnya konflik ketika bermain. Hal seperti ini merupakan hal yang wajar karena tingkat emosional pada anak kecil masih tinggi jadi anda tidak perlu memarahinya jika terjadi konflik.

Permainan peran
Dengan bermain peran menjadi ibu ataupun kakak merawat anak atau adiknya dengan yang disimbolkan dengan boneka, secara tidak langsung akan menumbuhkan dam melatih rasa empati terhadap sesama atau mereka yang berusia lebih mudah. Permainan ini juga berguna untuk melatih dan mengembangkan tanggung jawab sesuai dengan kelak ketika hidup dalam lingkungan masyarakat.

Demikanlah manfaat boneka untuk anak perempuan yang sebaiknya diketahui oleh orang tua. Berikan juga dukungan dengan berusaha menyediakan kelengkapan mainan boneka agar daya imajinasi dan juga kretifitasnya makin bertambah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Baca juga tentang 8 Rahasia Cara Merangsang Perkembangan Otak Anak




references by sindonews, vistabunda
(photo by https://www.facebook.com/jaeeun111111/)

 
Like us on Facebook