December 4, 2017

Resep Telor Dadar Mengembang

Baca Artikel Lainnya

Telur dadar yang mengembang besar dan padat dapat menggugah selera makan, terutama jika dihidangkan saat sarapan. Ini adalah hidangan yang mudah disajikan dan cepat dalam pengolahannya sehingga kerap jadi pilihan bagi para ibu.


Ada tips tersendiri jika Anda ingin telur dadar yang dimasak jadi mengembang seperti pada hidangan di rumah makan padang. Apa saja tips tersebut? yuk simak berikut ini:

Daun bawang atau sayuran tambahan

Untuk menambah volume telur, tambahkan daun bawang beberapa tangkai, serta sayuran semisal bayam atau wortel. Tidak saja akan membuat tampilan dadar telur menjadi besar, bahan ini juga akan menambah nilai nutrisi bagi makanan tersebut.

Tepung terigu

Penambahan terigu 1 atau 2 sendok makan pada adonan telur dadar akan membuat teksturnya lebih padat dan kenyal dikunyah. Ini juga dapat menambah ketebalan telur dadar Anda, serta menambah kalori.

Kocok perlahan

Mengocok telur dengan cepat tidak selalu dapat membuat telur dadar mengembang. Kocok saja perlahan agar semua bahan yang Anda tambahkan dapat rata tercampur. Gunakan garpu atau wisk kecil untuk memudahkan.

Minyak goreng agak banyak

Telur yang digoreng sebaiknya dalam kondisi terendam minyak, sebab ini juga menentukan ketebalan telur.

Sekali balik saja

Gunakan api kecil atau sedang, dan balik telur saat sudah berwarna kecoklatan. Balik sekali saja, agar tidak menyebabkan telur hancur atau terlalu sering diubah posisinya.

Jangan ditekan

Saat menggoreng, jangan menekan bagian atas telur dengan spatula. Biarkan saja ia mengembang dan matang dengan sendirinya.

Pakai 2-3 telur

Pakai telur 2 atau 3 butir, sehingga dapat mengembang dan membesar dengan baik dan sesuai harapan. Jika ada, gunakan telur bebek sebab umumnya rumah makan padang menggunakan telur bebek untuk hidangan telur dadar mereka.


Telur dadar menjadi salah satu menu makanan yang digemari masyarakat Indonesia. Selain mudah dibuat, telur dadar juga nikmat, dan menyimpan berbagai nutrisi seperti protein dan karbohidrat yang penting bagi tubuh. Namun banyak orang yang kesulitan memasak telur dadar yang mengembang sempurna karena jarang memperhatikan 3 faktor berikut ini.

Adonan telur
Banyak orang yang menyangka, telur dadar mengembang sempurna karena menggunakan tepung dalam adonannya. Padahal, telur dadar memiliki kemampuan mengembang yang baik bahkan tanpa menggunakan tepung. Caranya adalah dengan mengocok telur hingga berbusa banyak. Indikator yang bisa dilihat adalah besaran gelembung yang ada di adonan, ketika gelembung yang terlihat kecil dan rapat, disaat itulah telur bisa digoreng dengan sempurna.


Panas minyak
Minyak yang digunakan dalam membuat telur dadar tidak perlu terlalu banyak, karena Anda bisa menggunakan 4 sendok makan dalam satu kali masak. Hal yang perlu diperhatikan adalah panas minyak yang digunakan untuk memasak dalam keadaan yang cukup panas untuk mematangkan telur. Bila minyak tidak panas, maka busa pada adonan telur akan cepat menghilang karena tercampur dengan minyak. Bila terlalu panas, bagian tengah telur tidak akan matang.

Proses pembalikan dan penyajian
Telur harus segera dibalikkan ketika sudah masuk wajan penggorengan. Tandanya adalah pinggiran telur yang sudah berwarna kecokelatan dan bagian bawah sudah cukup keras untuk dibalik. Telur harus cepat dibalikkan untuk menjaga udara dalam adonan telur tetap terperangkap, karena inilah yang akan membuat telur mengembang sempurna. Telur dadar jangan ditekan bila Anda tidak yakin bagian tengahnya tidak matang. Cukup tutup wajan dengan tutup panci untuk memastikan telur matang. Kecilkan api beberapa saat, dan sajikan setelah telur ditiriskan dengan baik.


references by sidomi.liputan6

 
Like us on Facebook