MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

December 19, 2017

Fitur Security Face ID iPhone X Bisa Dibobol

Baca Artikel Lainnya

Teknologi pemindai wajah atau Face ID milik iPhone kembali berhasil di bobol. Informasi terbaru datang dari Negeri Ginseng, China. Dimana seorang wanita bernama Yan menceritakan pengalamannya bersama teknologi milik Apple tersebut. Yan menceritakan baru saja membeli iPhone X dan mengatur pengaman Face ID.


Hal ini dilakukan agar smartphone barunya tersebut aman dari tangan - tangan jahil. Namun tanpa di duga, rekan sekantornya justru berhasil mengaktifkan iPhone X miliknya meski sudah melakukan pengaturan Face ID.

Dilansir dari Phone Arena, Senin (18/12/2017), mengetahui kejadian tersebut ia kemudian membawa iPhone X tersebut bersama rekannya ke Apple Store. Mereka mendemonstrasikan apa yang mereka temukan dengan Face ID kepada pihak Apple.

Akhirnya dapat diketahui bila kesalahan berasal dari malfungsi TrueDepth Camera. Akhirnya pihak Apple pun bersedia mengganti rugi dengan memberikan perangkat yang sama.

Sialnya, serupa dengan iPhone X pertama. Ternyata Face ID masih juga bisa dibuka oleh rekannya.

Alhasil Yan kembali melaporkannya dan kemudian kbali mendapat ganti rugi berupa uang. Namun demikian tidak ada keterangan lebih lanjut apakah Ia kembali membeli iPhone X.

Kejadian seperti ini memang bukan yang pertama kali terjadi. November lalu, seorang anak berusia 10 tahun berhasil membuka Face ID iPhone X milik ibunya.



Tentang teknologi canggih Face ID

Pelajari bagaimana Face ID turut melindungi informasi Anda di iPhone X.
Begitu banyak kehidupan digital kita yang tersimpan di iPhone dan informasi tersebut penting untuk dilindungi. Sama seperti Touch ID yang telah merevolusi pengesahan menggunakan sidik jari, Face ID juga merevolusi pengesahan menggunakan pengenalan wajah. Face ID menyediakan pengesahan yang intuitif dan aman yang dimungkinkan karena adanya sistem kamera modern TrueDepth yang dilengkapi teknologi canggih untuk memetakan geometri wajah Anda secara akurat.

Cukup dilihat sekilas saja, Face ID sudah dapat membuka kunci iPhone X Anda dengan aman. Anda dapat menggunakannya untuk mengesahkan pembelian dari iTunes Store, App Store, iBooks Store, dan pembayaran menggunakan Apple Pay. Pengembang juga dapat mengizinkan Anda menggunakan Face ID untuk masuk ke aplikasi mereka. Aplikasi yang sudah mendukung Touch ID akan otomatis mendukung Face ID.

Teknologi canggih

Teknologi yang mewujudkan Face ID merupakan sebagian dari perangkat keras dan perangkat lunak tercanggih yang pernah kami ciptakan. Kamera TrueDepth menangkap data wajah yang akurat dengan memproyeksikan dan menganalisis lebih dari 30.000 titik tak terlihat untuk menciptakan peta kedalaman wajah Anda dan juga menangkap citra inframerah wajah Anda. Sebagian mesin jaringan syaraf chip A11 Bionic — yang terlindung di dalam Secure Enclave — mengubah peta kedalaman dan citra inframerah menjadi representasi matematis dan membandingkan representasi tersebut dengan data wajah yang didaftarkan.

Face ID mengadaptasi perubahan penampilan Anda secara otomatis, seperti bila Anda menggunakan kosmetik atau menumbuhkan rambut di wajah. Jika ada perubahan yang lebih signifikan pada penampilan Anda, seperti bila Anda mencukur jenggot lebat, Face ID mengonfirmasi identitas Anda menggunakan kode sandi sebelum memperbarui data wajah Anda. Face ID dirancang agar tetap berfungsi meskipun ada topi, syal, kacamata, lensa kontak, dan beragam kacamata hitam. Selain itu, Face ID dirancang untuk tetap berfungsi di dalam ruangan, di luar ruangan, bahkan saat gelap gulita.
Untuk memulai menggunakan Face ID, Anda harus mendaftarkan wajah Anda terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya pada proses awal pengaturan, atau nanti dengan membuka Pengaturan > Face ID & Kode Sandi. Untuk membuka iPhone X menggunakan Face ID, tinggal lihat saja sekilas. Face ID mengharuskan kamera TrueDepth melihat wajah Anda, baik itu saat iPhone X ditaruh di suatu permukaan atau saat dipegang dalam posisi normal. Kamera TrueDepth memiliki jangkauan pandang yang serupa seperti saat Anda menjepret foto atau melakukan panggilan FaceTime dengan kamera depan. Face ID akan berfungsi paling efektif jika perangkat berjarak sekitar satu lengan atau kurang dari wajah Anda (25-50 cm dari wajah Anda).

Kamera TrueDepth diaktifkan secara cerdas; misalnya, dengan diangkat untuk membangunkan iPhone X, diketuk untuk membangunkan layar Anda, atau dari pemberitahuan masuk yang akan membangunkan layar. Setiap kali Anda membuka iPhone X, kamera TrueDepth mengenali Anda dengan menangkap data kedalaman yang akurat dan citra inframerah. Informasi ini dicocokkan dengan representasi matematis yang tersimpan untuk melakukan pengesahan.

Jaminan keamanan

Keamanan penting bagi kita semua untuk melindungi informasi pada perangkat. Kami telah melakukan beberapa hal penting untuk menjaga informasi Anda, sama seperti yang telah kami lakukan dengan Touch ID. Face ID menggunakan kamera TrueDepth dan pembelajaran mesin untuk solusi pengesahan yang aman. Data Face ID - termasuk representasi matematis wajah Anda - dienkripsi dan dilindungi dengan suatu kunci yang hanya tersedia untuk Secure Enclave.

Kemungkinan bahwa ada satu orang asing dari seluruh populasi manusia yang dapat melihat ke iPhone X dan membukanya menggunakan Face ID hanya sekitar 1 dibanding 1.000.000 (versus 1 dibanding 50.000 untuk Touch ID). Sebagai perlindungan tambahan, Face ID hanya memperbolehkan lima kegagalan upaya mencocokkan sebelum meminta kode sandi. Probabilitas statistiknya berbeda untuk saudara kembar dan saudara yang mirip dengan Anda dan di antara anak-anak di bawah umur 13, karena fitur keunikan wajah mereka mungkin belum berkembang penuh. Jika tidak yakin dengan metode ini, kami sarankan Anda menggunakan kode sandi untuk mengesahkan.

Face ID dicocokkan dengan informasi kedalaman, yang tidak ditemukan dalam foto cetak atau foto digital 2D. Teknologi ini dirancang untuk melindungi dari pemalsuan melalui topeng atau teknik lain melalui penggunaan jaringan syaraf tiruan anti-pemalsuan yang rumit. Face ID bahkan lebih sadar perhatian. Teknologi ini mengenali apakah mata Anda terbuka dan melihat ke arah perangkat. Hal ini mempersulit orang yang akan membuka kunci iPhone Anda tanpa sepengetahuan Anda (seperti saat Anda tidur).

Untuk menggunakan Face ID, Anda harus mengatur kode sandi pada iPhone. Anda harus memasukkan kode sandi untuk validasi keamanan tambahan bila:
  • Perangkat baru saja dinyalakan atau dimulai ulang.
  • Perangkat belum pernah dibuka kuncinya selama lebih dari 48 jam.
  • Kode sandi belum pernah digunakan untuk membuka kunci perangkat dalam enam setengah hari terakhir dan Face ID belum pernah membuka kunci perangkat selama 4 jam terakhir.
  • Perangkat telah menerima perintah penguncian jarak jauh.
  • Setelah lima kali gagal mencoba mencocokkan wajah.
  • Setelah menginisiasi daya mati/SOS Darurat dengan menekan dan menahan tombol volume dan tombol samping bersama-sama selama 2 detik.
Jika perangkat Anda hilang atau dicuri, Anda dapat mencegah agar Face ID tidak digunakan untuk membuka perangkat Anda dengan Mode Hilang Cari iPhone Saya.

Privasi

Privasi adalah hal yang luar biasa penting bagi Apple. Data Face ID - termasuk representasi matematis wajah Anda - dienkripsi dan dilindungi oleh Secure Enclave. Data ini akan diperbaiki dan diperbarui seiring dengan pemakaian Face ID untuk menyempurnakan pengalaman Anda, termasuk saat Anda berhasil mengesahkan. Face ID juga akan memperbarui data ini saat mendeteksi wajah yang nyaris cocok tetapi akhirnya kode sandi harus dimasukkan untuk membuka perangkat.
Data Face ID tidak pernah keluar dari perangkat Anda, dan tidak pernah dicadangkan ke iCloud atau tempat lain manapun. Informasi ini akan dikirimkan dari perangkat Anda jika Anda memang ingin memberikan data diagnostik Face ID ke AppleCare untuk dukungan. Dan meskipun demikian, data tidak dikirimkan secara otomatis ke Apple; Anda masih dapat meninjau dan menyetujui data diagnostik lebih dahulu sebelum dikirimkan.

Jika Anda memilih untuk mendaftar di Face ID, Anda dapat mengendalikan cara penggunaannya atau menonaktifkannya kapan saja. Misalnya, jika Anda tidak ingin menggunakan Face ID untuk membuka iPhone, buka Pengaturan > Face ID & Kode Sandi > Gunakan Face ID, dan nonaktifkan Buka iPhone. Untuk menonaktifkan Face ID, buka Pengaturan > Face ID & Kode Sandi, dan ketuk Atur Ulang Face ID. Dengan begitu, data Face ID akan dihapus dari perangkat, termasuk representasi matematis wajah Anda. Jika Anda memilih untuk menghapus atau mengatur ulang perangkat menggunakan Cari iPhone Saya atau menghapus semua konten dan pengaturan, semua data Face ID akan dihapus.

Meskipun Anda tidak mendaftar di Face ID, kamera TrueDepth akan diaktifkan secara cerdas untuk mendukung fitur sadar perhatian, seperti meredupkan layar jika Anda tidak sedang melihat iPhone atau menurunkan volume peringatan jika Anda sedang melihat perangkat. Misalnya, saat menggunakan Safari, perangkat Anda akan memeriksa untuk menentukan apakah Anda sedang melihat perangkat dan, jika tidak, akan mematikan layar. Jika Anda tidak ingin menggunakan fitur ini, Anda dapat membuka Pengaturan > Face ID & Kode Sandi, dan nonaktifkan Fitur Sadar Perhatian.

Dalam aplikasi yang mendukungnya, Anda dapat mengaktifkan Face ID untuk melakukan pengesahan. Aplikasi hanya akan diberi tahu mengenai apakah pengesahan berhasil. Aplikasi tidak dapat mengakses data Face ID yang terkait dengan wajah yang telah didaftarkan.

Keamanan

iPhone dan sistem kamera TrueDepth telah diuji secara menyeluruh dan memenuhi standar keamanan internasional. Sistem kamera TrueDepth aman untuk digunakan dalam kondisi penggunaan normal. Sistem ini tidak akan menimbulkan bahaya bagi mata atau kulit, karena outputnya rendah. Penting untuk diketahui bahwa pemancar inframerah dapat rusak saat dilakukan perbaikan atau pembongkaran, jadi iPhone Anda harus selalu diservis oleh Apple atau penyedia layanan resmi. Sistem kamera TrueDepth menyertakan fitur deteksi perusakan. Jika terdeteksi perusakan, sistem akan dinonaktifkan untuk alasan keamanan.

Bila dilihat dari jenis kamera tertentu, Anda mungkin melihat output sinar dari kamera TrueDepth. Ini biasa, karena beberapa kamera dapat mendeteksi sinar inframerah. Beberapa orang juga dapat melihat output cahaya redup dari kamera TrueDepth saat dilihat di dalam ruang yang sangat gelap. Ini biasa terjadi dalam kondisi yang sangat gelap.

Aksesibilitas

Aksesibilitas menjadi satu kesatuan dalam produk Apple. Pengguna yang memiliki keterbatasan fisik dapat memilih “Pilihan Aksesibilitas” saat melakukan pendaftaran. Pilihan ini tidak mengharuskan gerakan kepala penuh untuk menangkap berbagai sudut berbeda dan masih tetap aman untuk digunakan, tetapi pengguna harus konsisten melihat iPhone X dengan cara tertentu.
Face ID juga memiliki fitur aksesibilitas untuk mendukung penyandang tuna netra atau gangguan penglihatan. Jika Anda tidak ingin Face ID mengharuskan Anda melihat iPhone X dengan mata terbuka, Anda dapat membuka Pengaturan > Umum > Aksesibilitas, dan nonaktifkan Perlukan Perhatian untuk Face ID. Pilihan ini akan otomatis dinonaktifkan jika Anda mengaktifkan VoiceOver saat pengaturan awal.

Pelajari lebih lanjut


references by sindonews, apple

 
Like us on Facebook