December 4, 2017

Cara Rawat Sepatu Mahal

Baca Artikel Lainnya

Jenis sepatu sneaker atau Kets atau Canvas makin banyak penggemarnya. Sepatu ini umumnya memiliki kesan kasual, namun tetap bisa menyesuaikan untuk digunakan pada acara semi resmi. Beberapa sneaker bahkan didesain dengan bentuk yang cocok untuk kegiatan resmi. Namun masih memiliki ciri khas sneaker yang ringan solnya dan mantab buat jalan-jalan.

Harga sepatu tersebut cukup beragam. Mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan. Sepatu yang cocok untuk kaum muda-tua hingga pria dan wanita ini, sebaiknya tetap dirawat agar tetap awet sampai lama. Pastikan pula mendapatkan sneaker original agar tidak kecewa dengan kualitas yang ingin diperoleh.

Ada beberapa cara sederhana untuk merawat sepatu sneaker:

Jangan pernah takut untuk mengenakannya sesering mungkin. Semahal apapun sneaker yang dibeli, sering menggunakannya justru menjadikannya lebih awet. Sepatu yang jarang atau hampir tidak pernah dipakai malah cenderung lebih cepat rusak.

Lakukan pencucian sneaker minimal satu pekan sekali. Cara mencucinya juga tidak boleh sembarangan. Cucilah hanya pada bagian bawahnya. Untuk bagian atas, jika terbuat dari kulit maka dibersihkan dengan mengelapnya. Kalau bahannya dari kain seperti kanvas, bisa membawanya ke tempat laundry dry cleaning.

Sepatu sneaker mulai diterima oleh masyarakat Indonesia kurang lebih pada tahun 2006. Untuk kali pertama, Kafe Tenda Semanggi mengadakan acara yang berhubungan dengan sneaker. Respons pun cukup baik hingga akhirnya mulai banyak penggemar dan terbentuk berbagai komunita pecinta sneaker.




Cara Merawat Sepatu Bahan Suede

Bahan suede sangat rentan terhadap cairan dan mudah meninggalkan noda. Jangan membersihkan noda pada sepatu suede Anda dengan air. Tapi bukan berarti sepatu suede tidak boleh terkena air sama sekali. Bersihkan dengan sikat khusus bahan suede lalu sikat searah serat sepatu suede.
Pada bagian sepatu yang kasar, sikat dengan gerak maju mundur agar serat yang terlepas. Untuk noda yang sulit dihilangkan, bersihkan dengan cairan pembersih khusus bahan suede. Anda juga dapat menggunakan bahan dapur seperti tepung maizeina, jika noda berasal dari minyak dan keringat.

Caranya oleskan sedikit tepung Maizena ke bagian yang terkena noda dan diamkan beberapa jam lalu bersihkan. Selain itu, Anda bisa juga menggunakan cuka karena cuka dapat menghilangkan noda yang mengandung garam, misalnya dari makanan atau minuman.

Sepatu Palladium terbaru yang terbuat dari bahan suede adalah Palladium Pampa Cuff Wp Lux Blush. Sepatu boots ini memiliki bahan suede warna pink dengan tujuh mata tali, membuat tampilan kasual dan edgy. Sepatu dilengkapi dengan sol karet, menawarkan kenyamanan saat Anda ingin menjelajahi kota.

Cara Merawat Sepatu Bahan Kanvas
Sepatu berbahan kanvas memiliki kelebihan diantaranya nyaman dan ringan saat digunakan, varian warna yang beragam, dan perawatannya cukup mudah. Misalnya, jika sepatu kanvas terkena lumpur hal pertama yang harus dilakukan adalah tunggu hingga noda lumpur itu mengering. Jika Anda membersihkan lumpur yang masih basah akan memperlebar nodanya. Setelah noda lumpur kering, lepaskan tali sepatu lalu tepuk-tepuk ke lantai agar lumpur kering terlepas. Sikat dengan gerakan searah untuk membersihkan noda yang tersisa.

Selanjutnya Anda bisa mengeringkan sepatu dengan cara diangin-anginkan. Lalu bersihkan noda lumpur dengan kain basah yang telah dicelupkan ke dalam air hangat. Cara merawat sepatu bahan kanvas lain adalah mencuci sepatu dengan sabun cuci atau detergen. Sikat bagian luar dan dalamnya dengan lembut. Setelah itu bilas dengan air dingin sampai bersih. Bila ada lecet dari gosokan saat Anda mencuci sepatu, Anda bisa menggunakan pad nilon dan bilas seperti biasa.



Cara Merawat Sepatu Bahan Kulit

Sepatu dengan bahan kulit memang sangat nyaman di kenakan di kaki anda, septu tersebut dapat membuat anda lebih gaya dan modis. Harganya pun terbilang mahal, karena bahan pembuatnya sendiri berasal dari kulit hewan yang tentunya akan lebihĂ‚  awet dan bisa bertahan lenih lama. Namun cara perawatannya juga harus di perhatikan, supaya sepatu kulit anda tidak cepat rusak.

Sepatu dengan bahan kulit ini harus di tempatkan di tempat yang kering agar tidak di tumbuhi jamur, tapi perlu di ingat, jangan meletakkan sepatu berbahan kulit di di tempat yang terlalu panas, itu akan merusak kulit sepatu tersebut.


  • Jika sepatu kulit anda tidak di pakai, simpanlah di dalam pelastik drengan rapat , masukkan di dalam kotak yang sudah di beri beberapa silica gel, silica gel ini mampu mengatur kelembaban dan mengurangi kadar air dan juga dapat menjauhkan sepatu anda dari serangga sepeti kecoa, semut dll.
  • Oles kanlah Moisturizer pada sepatu agar sepatu tetap lembab dan tidak kering, anda juga bisa menggunakan handbody jika anda tidak mempunyai pelembab khusu sepatu.
  • Setelah anda menggunakan sepatu anda, di harapkan anda membersihakan sepatu tersebut dari kotoran debu dan kotoran lain yang menempel di sepatu. Bisa juga menggunakan air untyuk mebersihkan sepatu tersebut. Jangan sampai sisa air yang di gunakan untuk mebersihakan sepatu masih tersisa, di lap sampai kering. Jika masih ada air yang tersisa, maka sisa air tersebut dapat menimbulakan tumbuhnya jamur di sepatu.



Cara Merawat Sepatu Bahan Kulit Sintetis

Sepatu ini berbahan kulit sintetis yang artinya sepatu ini di buat dengan menggunakan bahan kulit sintetis, sehingga sepatu ini tidak murni terbuat dari bahan kulit. Harganya pun terbilang lebih murah dari pada sepatu yang bebahan kulit asli.


Untuk cara merawatnya hampir sama dengan sepatu kulit asli dan perlu membutuhkan perhatian ekstra untuk merawatnya, agar kualitas kulit sepatu tidak rusak.


  • Bersihkan sepatu tersebut dari kotoran dan debu dengan menggunakan sikat. Hindari pembersihkan dengan cara mencuci dengan menggunkan deterjen dan air, karena dapat merusak bahan sepatu tersebut. Cukup lap sepatu dengan lap yang basah.
  • Jika sudah di bersihakan, segera keringkan sepatu dengan meng angin-anginkannya di tempat yang sejuk dan teduh.
  • Setelah benar-benar kering, simpanlah di dalam kotak sepatu anda yang telah di beri silica gel.


Gunakan dan Simpan Silica Gel


Fungsi dan Kegunaan Silica Gel

Berikut fungsi dan kegunaannya:
  1. Silica gel mencegah terbentuknya kelembapan yang berlebihan sebelum terjadi. Silica merupakan produk yang aman digunakan untuk menjaga kelembapan makanan, obat-obatan, bahan sensitif, elektronik dan film sekalipun. Produk ini sering ditemukan dalam kotak paket dan pengiriman film, kamera, teropong, alat-alat komputer, sepatu kulit, pakaian, makanan, obat-obatan, dan peralatan peralatan lainnya.
  2. Produk anti lembap ini menyerap lembap tanpa merubah kondisi zatnya. Silica adalah substansi-substansi yang digunakan untuk menyerap kelembapan dan cairan partikel dari ruang yang berudara/bersuhu. Silica juga membantu menahan kerusakan pada barang-barang yang mau disimpan.
  3. Produk penyerap kelembaban ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pembentukan karat pada logam, mencegah resiko hubungan arus pendek listrik mikro, serta mencegah reaksi oksidasi dan dekomposisi bahan kimia akibat tingginya kelembaban udara.



references by republika, mapemall, sandboxshoes

 
Like us on Facebook